Sunday 3 April 2016

10 Daftar Yang Harus Kamu Buat Jika Kamu Ingin Menjadi Sukses


Saya dan kamu dan juga umumnya orang-orang
di sekeliling kita mungkin pernah berfikir, menjadi orang sukses itu ternyata sangat sulit ya, sangat susah, dan sangat cape. Mikirnya aja udah bikin rambut nggak karuan apalagi ngerjainnya. Tapi tahu kah kamu..? Untuk menjadi orang yang sukses ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan lho, Mau tau Formulanya..?
Buat aja 10 List ini dan coba lakukan tahap demi tahap secara konsisten, di jamin hidup kamu berangsur-angsur akan berubah menjadi lebih baik
1. Daftar Tujuan
Buatlah daftar harian, mingguan, bulanan atau tahunan tentang tujuan yang ingin kamu capai, karena tujuanlah yang dapat mendorong dan memotivasi kita. Buatlah daftar tujuan secara bertahap, mulai dari yang paling mudah, hingga yang paling sulit, agar kamu tidak stress, pencapain tujuan yang mudah akan membuat kamu bahagia dan bersemangat untuk mencapainya satu persatu hingga ketahap yang lebih tinggi.  Tanpa daftar seperti itu, kamu akan kehilangan arah tujuan hidup.  
2. Daftar Tugas

"Kebahagiaan tidak datang dari melakukan pekerjaan mudah tapi dari sisa-sisa cahaya kepuasan yang datang setelah pencapaian tugas yang sulit yang menuntut yang terbaik." Theodore Isaac Rubin
Tugas baru pastinya muncul setiap hari, entah itu kamu seorang karyawan, mahasiswa, atau freelancer. Terlepas dari kenyataan bahwa beberepa tugas itu sangatlah sulit, kamu selalu pasti bahagia dan puas bukan setelah tugas itu selesai..???, atau ketika masalah tertentu diselesaikan. Namun sebaliknya jika kamu tidak membuat daftar tugas yang harus dilakukan, tugas itu hanya akan menumpuk dan akhirnya menjadi halangan.
3. Daftar Kontak

Sesekali perbaharui daftar kontak kamu, dapatkan nomor kontak baru setiap hari atau setiap minggu, untuk menjalin hubungan baru, siapa tau dari mereka punya visi yang sama dengan kamu,  dan juga sesekali memastikan nomor yang telah lama kamu simpan masih aktif, coba lakukan kontak dengan menelpon atau sekedar smsan. Jikat nomor yang anda simpan tidak aktif atau sudah invalid addres, sebaiknya hapus saja. Kamu tentu tidak ingin menyimpan nomor hantu yang tidak berguna kan..
4. Daftar Beban

 "Orang bijak harus memiliki uang di kepala mereka, tapi tidak di hati mereka." -Jonathan Swift
Dengan membuat daftar semua biaya bulanan, daftar kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, kamu akan memiliki gambaran yang jelas berapa banyak biaya yang bulanan yang perlu disiapkan dan berapa yang bisa kamu simpan sebagai tabungan. Tanpa daftar ini sudah pasti kamu cenderung memiliki kebebasan untuk berbelanja, akhirnya menyebabkan tagihan kamu menumpuk. Menangani keuangan dengan benar dan memprioritaskan biaya hidup, adalah tanggung jawab yang menandakan kedewasaan.
5. Daftar Alat Berguna
Buat daftar alat-alat yang mendukung aktivitas kamu, kalo butuh alat tulis, silahkan tulis alat tulis yang kamu perlukan, butuh meja dan kursi kerja, butuh apalagi silahkan kamu tulis, Hp sementara cukup yang bisa teleponan, smsan dan internetan tidak perlu yang terbaru dan mahal, selebihnya yang tidak terlalu di perlukan jangan buru-buru di beli.
6. Daftar Perbaikan Diri

"Kualitas bukanlah suatu tindakan, itu adalah kebiasaan"~Aristotel
Daftar perbaikan diri harus terdiri dari perubahan fisik, perubahan spiritual, meninggalkan kebiasaan buruk dll. Tidak ada yang mengharapkan kamu untuk mengubah sepenuhnya dalam jangka waktu singkat, tetapi membuat keputusan untuk mengubah diri dalam satu hal adalah resolusi yang layak. Daftar ini hanya untuk mengingatkan dan membangun rasa percaya diri. Menunda untuk melakukan perbaikan diri membuat kamu kurang kepercayaan diri dan depresi, dan sebaliknya jangan terlalu percaya diri sendiri dan lebih mementingkan diri sendiri, ini juga tidak disarankan.
7. Daftar Ide Kreatif

"Jangan pergi ke mana jalan sudah di buat, sebagai gantinya pergi di mana tidak ada jalan dan meninggalkan jejak." -Waldo Emerson
Sepanjang sejarah yang kita sama-sama ketahui, orang-orang yang membuat dampak yang paling signifikan pada dunia adalah mereka dengan cara berpikir yang lain dari pada orang kebanyakan. Mereka mampu membuat ide-ide kreatif yang berguna dan bermanfaat bagi banyak orang di dunia. Nahh…Setiap kali ide baru datang ke pikiran kamu, segera menuliskannya agar tidak lupa dan dapat menambah daftar ide-ide yang mungkin bisa kamu pilih salah satunya untuk kamu kembangkan.
8. Daftar Rencana Masa Depan

"Masa depan tidak pasti tapi akhirnya selalu dekat." -Jim Morrison
Kita semua telah mendengar pernyataan seperti ini "Besok adalah misteri," "Hiduplah untuk hari ini," dan "Anda tidak dapat mempengaruhi masa depan." Secara pribadi, mungkin kamu tidak setuju dengan pandangan itu. Membuat rencana masa depan sangat mirip dengan daftar yang pertama diatas yaitu daftar- tujuan; perbedaannya adalah,  rencana masa depan itu tidak harus melibatkan masa depan pribadi kamu. Sebaliknya, itu adalah daftar rencana mendatang yang penting untuk kamu lakukan segera.
9. Daftar Rencana Kemungkinan/Alternatif

"Anda berdoa untuk meminta hujan, maka Anda juga akan berurusan dengan lumpur. Itu bagian tak terpisahkan. "-Denzel Washington
Setiap tindakan tentu memiliki reaksi yang sama dan berlawanan, berarti tidak ada yang dapat kamu lakukan tanpa ada konsekuensinya. Setiap usaha untuk berubah menuju kesuksesan tentu memiliki beberapa hambatan yang mengikutinya, atau risiko. Meskipun risiko yang tak terelakkan, buatlah daftar hasil positif lebih besar daripada yang negatif, sehingga kamu bisa lebih terpacu untuk melangkah lebih jauh, buka malah sebaliknya membuat daftar negative lebih banyak daripada yang positif.
10. Ember  Daftar

Yang terakhir, tempatkan semua daftar yang telah kamu buat kedalam Ember Daftar, bisa diganti dengan pot bunga jg boleh..hehehehe… Salah satu alasan mengapa kita ingin sukses sebenarnya adalah untuk memenuhi impian kita atau menyelesaikan semua daftar yang telah kita taruh ke dalam Ember Daftar. Jangan ragu untuk menempatkan bahkan hal-hal yang mustahil di Ember Daftar, setiap kali kamu mencapai masa sulit dalam hidup, lihatlah Ember Daftar dan melihat hal-hal apa yang paling masuk akal untuk dilakukan untuk mengembalikan semangat kamu dan terus berjalan.

Demikian 10 daftar yang mungkin bisa kita buat sebagai awal untuk melakukan perubahan untuk kita menuju kesuksesan, kamu dan saya bisa menerapkannya..semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment