Friday 25 March 2016

Wow, Inilah 33 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Oleh Google yang jarang diketahui


Setiap orang kebanyakan hanya menggunakan Google
untuk mencari sebuah informasi dan berita. Namun siapa sangka fitur google sebagai mesin pencari yang biasa disebut “mbah google” ini mempunyai fitur tersembunyi lho yang dapat mengusir rasa bosan ketika kamu berselancar di internet. Jika selama ini kamu mengira google hanya bisa digunakan untuk mendapatkan dan menjaring berbagai informasi, ternyata lebih dari itu.. Situs google juga bisa membuat kamu tersenyum dengan hal - hal konyol yang mungkin tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Apakah itu..?? ini dia kata kuncinya:
1. Google Zerg Rush
Silahkan ketik kata “Zerg Rush” maka akan muncul tulisan "O" yang akan menghapus tulisan-tulisan tiap kata dan kalimat pada halaman tersebut.
2. Do A Barrel Roll atau Z or R Twice
Jika kamu ketik kata "Do A Barrel Roll" pada google, maka google akan berputar 1 kali hingga 360 derajat. Jika mengetik Z or R twice maka Google akan berputar 2 kali.
3. Zona Waktu
Ketik saja ‘waktu ‘ dan kamu akan mendapatkan waktu setempat untuk daerah dimana kamu berada.
4. Kalkulator
Ketik saja “kalkulator”, kalkulator Google adalah salah satu fitur yang banyak orang belum menyadari. Dapat melakukan perhitungan matematika dasar (5 +6 atau 3 * 2) dapat melakukan perhitungan logaritma, konstanta, serta fungsi seperti Cos dan Sin.
5. Periksa status penerbangan
Jika kamu mengetik nomor penerbangan, hasil adalah rincian penerbangan dan statusnya. Misalnya, mengetik JT 387 menerangkan bahwa Lion Air penerbangan 387 berangkat dari Medan pada 13.50 hari ini dan tiba di Jakarta Terminal 1 pada 16.15 waktu setempat.
6. Prakiraan Cuaca
Ketik  “cuaca hari ini” atau nama kota di ikuti kata forecast contoh: Jakarta forecast, Google akan memberitahu kamu cuaca hari ini, termasuk tingkat curah hujan, kelembaban dan angin.
7. Konversi
Konversi mata uang dan satuan konversi dapat ditemukan di Google. Kamu bisa mengetik ‘1 GBP USD ‘, ’20 C di F’ atau ’15 inci di cm ‘. Kamu mendapatkan jawabannya.
8. Mencari jenis file tertentu
Jika kamu sedang mencari PDF atau file Word, kamu dapat mencari jenis file tertentu dengan mengetik ‘ filetype: pdf’ atau ‘ filetype: doc’
9. Recursion
Jika kamu mengetikkan kata Recursion ini, kamu akan berulang kali ditanya balik oleh Google, "Did You Mean Recursion?". Padahal kata yang kamu ketik sudah benar, tapi akan selalu ditanya ulang seakan kamu salah mengetikkannya.
10. Teman Diet Yang Baik
Contohnya ketik kata Fried Rice (nasi goreng) vs Hamburger. Maka kamu bisa melihat perbandingan kandungan gizi. Dengan begitu kamu bisa membatasi makanan yang bakal kamu santap.
11. set waktu (timer) atau Alarm

Ketik saja set for 1 hour 30 minutes atau sesuai keinginan kamu, maka akan muncul timer atau alarm.
12. Askew
Apabila kamu mengetikkan kata "Askew" di pencarian google, maka google akan sedikit miring ke sebelah kanan.
13. Google Gravity
Coba kamu ketikkan kata "Google Gravity" maka semua teks yang ada di google akan berjatuhan ke bawah, lalu kamu bisa banting-banting teks tersebut sesuka kamu.
14. Google Guitar
Ketik kata "Google Guitar" pada google, kamu bisa memainkan gitar tersebut sesuka kamu.
15. Google Mirror
Silahkan kamu mengetikkan kata "Google Mirror", maka google akan tertulis terbaik.
16. Google Pacman
Ternyata google juga menyediakan permainan, kamu tinggal ketikkan kata "Google Pacman" klik dan mainkan gamenya.
17. Google Sphere
Coba kamu ketik "Google Sphere" lalu klik dan google akan dikelilingi teks-teks yang berputar.
18. Google Underwater
Silahkan kamu ketik "Google Underwater", lalu klik maka google akan muncul di permukaan air!
19. Google Epic
Kalau kamu menuliskan kata "Google Epic", lalu klik maka munculah teks google akan mendekat ke arahmu dengan cepat.
20. What is the loneliest number?
Jika kamu ketik kalimat " What is the loneliest number? ", atau yang berarti "berapa jumlah kesepian?" , maka google akan menjawab "1".
21. Google BeatBox
Ternyata google bisa beatbox lhhooo...? penasaran? Coba kamu buka Google Translate (http://translate.google.com), Lalu copy kata "pv zk pv pv zk pv zk kz zk pv pv pv zk pv zk zk pzk pzk pvzkpvpvzk kkkkk bsch", setelah itu kamu klik tombol listen, maka google akan mengeluarkan suara beatbox layaknya seorang beatboxer.
22. I’m Feeling Puzzled
Fitur Google yang satu ini cukup mengasah kemampuan Bahasa Inggris dengan pengetahuan umum. kamu cukup ketik dan cari “I’m Feeling Puzzled”, pilihlah link paling atas. Dalam menjawab pertanyaan, kamu akan dikejar oleh waktu yang juga berpengaruh terhadap poin kamu dalam menjawab. Selain itu, Google juga akan menampilkan sejarah dari pertanyaan yang mereka berikan. Jika kamu lakukan ini dengan teman, tentu akan sangat menarik.
23. I’m Feeling Doodley
Doodley merupakan animasi unik hasil Google sendiri. Jika kamu mengakses mesin pencari Google, tentu kamu akan melihat animasi seperti itu. Misal saat seorang tokoh ulang tahun atau hari kemerdekaan suatu negara. Caranya masih sama seperti sebelumnya. Jika kamu klik gambar animasi tersebut, Google akan menjelaskan secara detail dari sejarah animasi tersebut. Jika kamu ingin menampilkan Doodle Indonesia, anda cukup ketikkan Indonesia di halaman Doodle ini.
24.
I’m Feeling Trendy
Cukup ketik dan cari “I’m Feeling Trendy”, kamu akan dibawa ke halaman Google Trends yang akan menampilkan pencarian paling banyak di Google. Secara default, trend yang ada di Google akan menampilkan di wilayah Amerika. Jika ingin menggantinya, kamu hanya perlu mengubahnya di bagian “United States” dan pilih negara yang kamu inginkan.
25. I’m Feeling Wonderful
Fitur ini akan mengajak kamu untuk belajar tentang keajaiban dunia. Google akan menampilkan peta dunia dan menunjukkan beberapa keajaiban dunia. Borobudur di Indonesia sendiri sudah masuk dalam Peta World Wonders ini. Kamu cukup klik daerah tersebut dan Google akan menjelaskan tentang sejarah dan navigasi ke tempat tersebut.
26. I’m Feeling Artistic
Bagi pecinta seni khususnya lukisan, fitur ini akan memanjakan mata kamu dengan lukisan-lukisan terkenal jaman dahulu. Banyak lukisan yang dapat anda nikmati gambarnya di fitur “I’m Feeling Artistic” ini. Selain itu, di setiap lukisan juga ada keterangan secara mendetail seperti pelukis, tahun dan asal usul pelukis kenapa lukisan tersebut dibuat.
27. I’m Feeling Stellar
Fitur ini akan memberikan penjelasan secara detail tentang penemuan, project NASA, Galaksi dan apapun yang berhubungan dengan luar angkasa. Kamu tinggal memilih kategorinya di pojok kanan atas dan tinggal memilih sub kategori di bawahnya untuk informasi lebih lanjut.
28. I’m Feeling Curious
Jika kamu mengetikkan “I’m Feeling Curious”, Google akan menampilakan informasi kecil yang cukup menghibur secara acak. Informasi jenis ini biasanya disebut trivia.                                 
29. I’m Feeling Generous
Pernahkah kamu kebingungan untuk beramal atau bersedekah? Fitur Google yang satu ini akan membuat hal tersebut menjadi lebih mudah. Kamu akan diajak untuk mendownload aplikasi melalui Play Store atau App Store. Aplikasi ini nantinya akan memberikan kemudahan untuk beramal yang nantinya akan digunakan untuk orang-orang tak mampu di dunia. Minimal untuk berdonasi di aplikasi ini hanya US$5.
30. Fun & Facts
Fun Facts merupakan fitur Google yang memberikan informasi singkat berupa berita yang menghibur, unik dan aneh serta yang paling penting adalah terupdate. Untuk fitur yang satu ini, kamu tidak perlu memilih link paling atas. Kamu bisa memilih beragam website yang ada. Entah kenapa Google memasukkan kategori ini masih belum diketahui, mungkin fitur ini akan ada beberapa waktu yang akan datang.
31. Google Classic

Coba aja tulis http://www.google-classic.com di search bar kamu.

32. Google bisa mengetahui kapan Foto anda dibuat pertama kali.
33. Atari Breakout

Jika kamu ketik Atari Breakout klik atari breakout - Google Search - G.co pada laman anda dan akan muncul game permainan bola pantul, silahkan geser garis di bawah layar agar bolat memantul ke atas, kenangan game masa lalu.

Demikian beberapa fitur unik dan menghibur yang mungkin beberapa orang belum mengetahuinya..semoga bermanfaat.
                                                                                                

No comments:

Post a Comment