Sunday 27 March 2016

19 Gambar Pengiritan dan Kreatifitas yang Hanya Bisa Dipahami Oleh Anak Kos

Anak kos itu identik dengan pribadi yang pas-pasan,

bebas dan kreatif. Biasanya kreatifitas muncul ketika dalam keadaaan terdesak, misalnya kiriman uang belum sampai atau bahkan tidak mendapat suplai keuangan sama-sekali. Jadi anak kos itu memang suatu pengalaman yang sangat seru banget bahkan ngangenin! (Bener nggak ?) Mulai dari suka dukanya, hal-hal yang lucu, dan juga hal-hal “ajaib” yang di lakukan selama ngekos,  yang kalau dinget-inget bikin geleng-geleng kepala dan senyum sendiri. Siap-siap deh, tarik napas, karena jika kamu senyum melihatnya, berarti kamu memang anak kos sejati! Langsung cek sendiri, yuk!

1. Roti tawar dan Setrika.

Di tangan anak kos yang sedang lapar, setrikan gak hanya bermanfaat untuk merapikan pakaian. Alat ini bisa juga jadi alat masak, misalnya bikin roti bakar. Roti tawar, dikasih selai, trus ditekan-tekan menggunakan setrikaan. Jadi deh.
2. Warning yang menghiasi dinding atau pintu kos ruang tamu.

Selain ngucapin salam, beneran loh banyak di jumpai “peringatan” beginian, demi kebaikan anak kos juga kan “Al-fatihaaaaah!”
3.  Fungsi lain hairdryer (dan setrikaan lagi)

Yang ini emang gokil banget tapi pas banget buat kamu yang ga punya kompor dan fan, kan daripada pizza yang tinggal sepotong lagi itu kamu buang lebih baik dibakar ulang biar lebih renyah.
4. Nggak punya sendok? Nggak masalah!

Nggak selamanya mengaduk minuman harus pakai sendok. Saat kondisi kepepat, kamu masih mengaduk minuman dengan sisa bungkus kemasan. Caranya, pipihkan bungkus plastik, lalu lipat memanjang, dan jadi deh “pengaduk” dadakan. 
5. Kode dari ibu kos (penghuni lain)

Pas buat anak kos ni, pemilik kos lagi sensi kali ni ye.
6. Barang wajib buat anak kos: Magic jar

Makanya di Indonesia, lebih dikenal sebagai magic jar kan daripada rice cooker. Karena fungsinya nggak cuma buat masak nasi aja! Tapi banyak fungsi buat anak kos!
7. Dispenser pake botol aqua

Solusi lain pengiritan air minum, pakai sesuai kebutuhan aja.
8. Karton atau kertas bekas bisa jadi serokan lantai.

Demi kamar yang bersih, anak kosan juga punya cara membersihkan lantai yang gampang dan hemat. Kilat kertas atau karton bekas bisa dimanfaatkan untuk serokan sampah. Selain bersih, barang bekas juga bisa dimanfaatkan. Jenius ‘kan?
9. Baju rapi tanpa setrikaan (?)


Sekali rebus air, 2, 3 baju bisa jadi rapi. Apalagi ngerebus air dengan dua panci.
10. Botol minum plastik bisa menjadi gelas minum “seksi”. 
Nggak punya gelas kaca? Nggak masalah untuk anak kos. Selama masih ada botol minum kemasan, minum apa aja tetap terasa nikmat.
11. Antisipasi “lupa kembalikan dalam waktu lama” (baca: hilang)


Bukannya pelit nggak mau minjemin, sih. Tapi kalau dihitung-hitung bisa beli baru mulu, kalau didiemin aja, hmmm.
12. Satu sachet buat keramas dua kali

Ritual wajib anak kosan terhadap barang-barang kemasan. Kalo belanja shampoo pun suka milih yang ada bonus isinya, kebangetan ya ngiritnya..hehehehe.
13. Selama ada masih ada air, anak kos aman!”
Sebelum membuang botol sabun atau shampo ke tempat sampah, belum afdol rasanya kalau belum habis “beneran”. Kamu bisa mengisinya dengan air, lalu dikocok-kocok. Setelah itu gunakan lagi hingga airnya bening. Cara ini membantu mengeluarkan isi botol secara tuntas tas-tas-tas.
 
14. Sikat gigi kalo belum rontok belum saatnya ganti

Harusnya udah ganti setiap 3 bulan, tapi bagi anak kos, selama bulu sikat belum gundul, belum saatnya di buang. 
15. Sabun batangan di tumpuk-tumpuk

Sabun batangan yang udah tipis banget tentunya susah buat mandi dong..? nggak rela di buang gitu aja, sabun yang udah tipis itu di tempel dengan sabun yang baru yang masih besar, akal anak kos memang brilliant.
16. Shower rusak bukan masalah bagi anak kos

Shower kamar mandi kalian sedang rusak? gak perlu panggil petugas perbaikan gunakan saja botol bekas untuk dijadikan shower dadakan, lumayan kan menghemat uang pemeliharaan?
17. Kipas angin bisa jadi hairdryer

Mau pergi tetapi rambut masih basah? Sebagai anak kos mau pakai hairdryer listrik mahal? Ada solusinya hahahaa, Tetap bersenang senang walau hidup kita susah. Salam olahraga! Hahahaa..
 
18. Kursi bisa jadi meja yang nyaman

Bagi anak kos, kursi pun bisa jadi meja buat taruh minuman atau jadi meja belajar, demi cita-cita, salam anak kos. 
19. Tak ada mangkuk, gelas pun jadi

Tak ada rotan akar pun jadi, tak ada gelas pun, bungkusnya bisa jadi mangkuk, anak kos emang sehebat actor film MacGyver                                     

Berapa banyak gambar diatas yang kalian pahami? Selamat kamu memang anak kos sejati! Punya gambar lainnya yang cuma bisa dipahami anak kos? Bagikan di kolom komentar, ya!

No comments:

Post a Comment